Tulis & Tekan Enter

1 2 3

images

Pesan Bupati Yusriansyah Saat Melantik & Mengambil Sumpah 156 ASN

TANA PASER- Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi  kembali mengingatkan empat tanggung jawab para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas terhadap akuntabilitas jabatan  di jajaran Pemerintah Kabupaten Paser.

          Keempat tanggung jawab tersebut menurut Bupati meliputi  tersusunnya rumusan alternatif kebijakan yang memberikan solusi, tercapainya hasil kerja unit selaras dengan tujuan organisasi dan  terwujudnya pengembangan strategi yang terintegrasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi serta  terwujudnya kapabilitas pada unit kerja untuk mencapai outcomeorganisasi.

Hal ini ditegaskan Bupati Yusriansyah saat melantik dan mengambil sumpah 156 Aparat Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Paser yang terdiri jabatan eselon II sebanyak 8 orang, eselon III sebanyak 39 orang dan sisanya 109 eselon I, Rabu (7/8) di Pendopo Bupati.

          Selanjutnya Bupati  juga mengingatkan para pejabat administrator untuk bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintahan dan pembangunan, sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

“Saudara-Saudari wajib menjamin akuntabilitas jabatan, meliputi terlaksananya seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik secara efisien sesuai standar operasional prosedur dan terselenggaranya peningkatan kinerja secara berkesinambungan,” tegas Yusriansyah.

Sedangkan bagi pejabat pengawas Bupati mengingatkan untuk  bertanggung jawab mengendalikan seluruh pelaksanaan kegiatan yang sudah ditetapkan dengan  wajib menjamin akuntabilitas jabatan, meliputi terlaksananya pengendalian seluruh kegiatan pelaksanaan yang dilakukan oleh para pelaksana yang ada di bawah kepemimpinan, sesuai standar operasional prosedur.

“Secara khusus berpesan kepada pejabat-pejabat tertentu yang baru dilantik, untuk Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Bidang Kesejahteraan. Saudara berdua kiranya dapat menjalankan jabatan penting ini, yakni diminta atau tidak diminta, Saudara wajib menyampaikan saran dan pertimbangan kepada bupati terhadap berbagai persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Saran dan pertimbangan tersebut akan menjadi bahan yang berharga dalam perumusan kebijakan selanjutnya. Saudara berdua sudah melalui perjalanan karier yang panjang sehingga tidak diragukan lagi kemampuannya,” ucap Yusriansyah.

Untuk Asisten yakni Asisten Sekretaris Daerah bidang Kesejahteraan Rakyat dan Bidang Ekonomi, Yusriansyah berharap  dapat memahami dengan baik tugas pokok sekretariat daerah, yakni  membantu bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta memberikan pelayanan administratif.

“Oleh karena itu, saudara harus meningkatkan kepekaan terhadap isu-isu aktual yang perlu mendapatkan respon yang tepat dari Pemerintah Daerah. Saudara-saudara juga perlu menjalin koordinasi yang intensif dengan perangkat daerah sehingga  diharapkan mampu mendorong kinerja perangkat daerah yang berada di bawah koordinasi saudara,” kata Bupati.

Selanjutnya untuk dua  orang Auditor Madya pada Inspektorat Kabupaten Paser. Pemerintah Daerah  lanjut Bupati, berharap  dapat menjadi bagian penting dalam mewujudkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Paser. Tugas ini sangat penting, sedikit pun tidak boleh terabaikan agar tumbuh dan tertanam budaya kerja yang menghargai akuntabilitas dalam setiap tindakan dan langkah yang dilakukan.

“Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Saya minta saudara dapat meningkatkan persentase warga Kabupaten Paser yang ber-KTP dan atau memiliki Kartu Anak. Kembangkanlah inovasi-inovasi baru dalam menjalankan tugas sehingga dapat meningkatkan pencapaian  target secara signifikan. Demikian pula target-target pemberian akte-akte kependudukan lainnya, yang sebagian sudah tercapai dengan baik, kiranya dapat Saudara tingkatkan,” pesan Bupati.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, tugas mulia yang saudara emban menurut Bupati  adalah mengembangkan keberdayaan masyarakat desa dalam mengelola sumber daya yang ada di desa masing-masing. Masyarakat Desa yang telah diberdayakan tersebut akan mampu menjadi subjek pembangunan yang handal.

“Tidak kalah pentingnya adalah tugas memastikan bahwa Dana Desa yang telah dikucurkan pemerintah dapat digunakan secara optimal dan tidak menimbulkan masalah hukum. Dalam hal ini, penting sekali saudara memastikan bahwa manajemen keuangan desa telah dikuasai dan dijalankan dengan baik oleh kepala desa dan perangkatnya,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian lanjut Bupati,  Pertanian merupakan sektor yang terbesar dalam menopang PDRB Kabupaten Paser, di luar sektor pertambangan, dan merupakan sektor yang menyerap tenaga kerja terbesar di daerah ini. Terkait dengan hal itu, saya tugasi saudara untuk membenahi mata rantai tata niaga kelapa sawit yang akhir-akhir ini menyita perhatian masyarakat karena rendahnya harga jual tandan buah segar.

“Saya sadar bahwa persoalan harga ini bukanlah persoalan dengan penyebab yang sederhana. Kompleksitasnya sangat tinggi. Tetapi dengan pencermatan yang mendalam terhadap akar masalah dan koordinasi yang intensif dengan semua pemangku kepentingan, saya berharap Saudara mampu mengurai benang kusut persoalan ini,” katanya.

Selanjutnya untuk Kepala Dinas Perikanan, Bupati mengatakan hampir sama dengan harapan saya terhadap Kepala Dinas Pertanian, saya minta kiranya saudara dapat berfokus kepada upaya-upaya peningkatan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Paser, antara lain dengan membantu nelayan memperoleh kemudahan dalam mengakses permodalan dan memodernisasi sarana produksinya.

“Untuk Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik. Jabatan ini merupakan jabatan yang berperan besar dalam menjaga keharmonisan masyarakat sebagai warga bangsa ini. Oleh karena itu, saya berharap saudara dapat meningkatkan pembinaan kepada semua kelompok masyarakat dan menjalin hubungan yang erat dengan tokoh-tokohnya. Saya merasa bahwa Pemerintah Daerah seringkali kesulitan dalam pelibatan tokoh-tokoh masyarakat dan organisasi-organisasi kemasyarakatan dalam beberapa kegiatan yang memerlukan kehadiran mereka. Komunikasi kita terasa buntu dan memakan waktu yang panjang untuk dapat menghadirkan mereka. Oleh karena itu, saudara saya minta memiliki catatan yang lengkap dan menjalin hubungan yang baik,” ingat Bupati.

 

Selain itu lanjut  Bupati,  semua Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan Kepala Desa sehingga komunikasi timbal balik antara Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat dapat terjalin dengan lebih baik.

 

“Khusus untuk jabatan camat Tanjung Harapann dan Sekretaris Kecamatan Tanjung Harapan yang baru dilantik, secara khusus saudara berdua saya beri amanah untuk membangun budaya kerja di kalangan karyawan Kantor Kecamatan Tanjung Harapan. Bangun kedisiplinannya dan latih mereka agar mampu menampilkan kinerja yang produktif. Secara paralel, segera saudara lakukan pembinaan dan pelayanan kepada masyarakat yang selama ini terabaikan. Saya minta Sekretaris Daerah melakukan pengawasan khusus kepada aparatur Kecamatan Tanjung Harapan,”  tegas Bupati.

Selanjutnya Kepala Bagian Organisasi pada Sekretariat Daerah, untuk melanjutkan upaya-upaya yang terkait dengan program reformasi birokrasi sehingga   segera  dapat mewujudkan birokrasi Kabupaten Paser  sebagai birokrasi yang efektif, yakni birokrasi yang dapat menunjang dengan baik pencapaian visi dan misi Daerah.

“Saya pesankan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk dapat berfokus kepada upaya-upaya pencegahan praktek korupsi dan pungutan liar dengan membangun sistem operasional prosedur yang menjamin efisiensi dan transparansi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, dan secara umum saya berpesan agar saudara-saudara yang baru dilantik dapat menjaga kepercayaan atasan dan hendaklah saudara menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kehormatan di dalam melaksanakan tugas pekerjaan masing-masing. Tingkatkan kemampuan kepemimpinan,  sehingga saudara-saudara dapat membangun kebersamaan dengan bawahan dalam mencapai target organisasi,”  kata Bupati mengakhiri pesannya. (har-/humas)

Sumber : Humas Paser


TAG , Pelantikan, ASN

Dipost Oleh Admin Kecamatan

ini adalah admin kecamatan batusopang

Tinggalkan Komentar